Sekilas tentang Audio Amplifier, Loudspeaker, dan Power Supply

Salah satu kesenangan dalam belajar elektronika adalah membuat rangkaian/alat yang berkaitan dengan suara atau Sound System istilah kerennya. Sekilas tentang Audio Amplifier(Power Amplifier), Loudspeaker, dan Power Supply adalah mengenai berapa watt outputnya, enak atau tidak suaranya,nge-bass atau tidak, berapa ukuran speakernya, dan lainnya.

Power Amplifier, ada beberapa parameter yang menjadi kunci, yaitu :
– Daya output,yang diukur dalam satuan watt (baik watt RMS, maupun PMPO).
– THD, kualitas suara yang diukur pada tingkatan tertentu dengan satuan % / dB (persen per desibel).
– Impedansi output,yang diukur dalam satuan Ohm, berguna untuk menentukan speaker yang akan digunakan.
Audio Amplifier ada beberapa kelas berdasarkan efisiensinya dan kualitas suaranya, mulai dari kelas A, AB, B sampai dengan kelas D. Lain kali dibahas lagi lebih lanjut ya mengenai kelas kelas ini hehehehe.

Loudspeaker selain dilihat dari ukurannya dan daya-nya (watt), yang tidak kalah penting adalah impedansinya maupun tanggapan frekwensinya. Tanggapan frekwensi, ada beberapa macam loudspeaker di pasaran misalnya : Full Range, Woofer, Middle, Tweeter, Sub Woofer, dan lainnya. Memilih speaker tidaklah sesederhana menggunakan merk maupun jenisnya saja namun perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu dengan beberapa loudspeaker tujuannya adalah agar didapatkan loudspeaker yang sesuai keinginan hati yang dapat mengeluarkan suara nada rendah atau tinggi sesuai selera 🙂

Power Supply tidak kalah penting dalam perancangan sound system, dengan melihat Ampere yang besar saja belumlah cukup karena belum tentu dapat ‘bertahan’ ketika musik memainkan nada rendah yang cukup dalam (tentunya nada rendah itu tadi berkaitan dengan loudspeaker yang dipilih ya). Power supply yang dibutuhkan adalah power supply dengan tegangan stabil dan Ampere cukup besar untuk mensupply daya di saat musik memainkan nada rendah, hal ini tentu berkaitan erat dengan desain power supply tersebut,berbeda dengan power supply untuk keperluan display LED. Kepuasan dalam merancang sendiri sound system adalah mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera kita, bukan dinilai dari biaya yang dikeluarkan karena mahal belum tentu bagus, murah belum tentu jelek.

Itulah sekilas tentang audio ampliier yang bisa dishare di sini, lebih lengkapnya silakan dilihat di halaman wikipedia ya 🙂 (foto ilustrasi BUKAN milik pribadi, didapatkan dari mix-mag.net)

spacer

Leave a reply